Pemdes Basirih Hulu Melaksanakan Kegiatan MUSDESUS Calon Penerima BLT Dana Desa Tahun 2023

  • Dec 22, 2022
  • Admin Basirih Hulu

Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunan Dana Desa Tahun 2023,yang digunakan untuk mendukung  percepatan   penghapusan kemiskinan  ekstrem Khususnya di Desa Basirih Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, terkait Keluarga Penerima Manpaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa  Tahun 2023. Pemdes Basirih Hulu telah melaksanakan beberapa tahapan dalam menetukan keluarga calon penirima manfaat BLTDD tahun 2023 sesuai surat petunjuk dari Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin timur nomor :412/700/ DPMD-PDK/XII/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan KPM BLT Dana Desa  Tahun  2023.

Adapun tahapan yang pertama Pemdes Basirih Hulu telah membentuk Tim Satgas Ferivikasi dan Validasi Keluarga Calon Penerima Manpaat BLTDD Tahun 2023 yang turun langsung kelapangan untuk mendata warga masyarakat yang berhak menerima Bantuan BLTDD 2023. Tim yang dibentuk tersebut terdiri dari Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyrakat (RT/RW), BABINSA dan BABINKAMTIBMAS.  Selanjutnya hasil dari Satgas tersebut diserahkan kepada BPD Desa Basirih Hulu, yang selanjutnya BPD melakukan MUSDESUS guna memferivikasi, validasi dan menetapkan Kelurga Perima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun anggaran 2023.

Dari hasil MUSDESUS tersebut telah disepakati sejumlah 22 (Dua puluh dua) Keluarga Penerima Manfaat yang berhak menerima BLTDD Basirih Hulu Tahun Anggaran 2023, yang pembayarannya dilaksanakan secara Tunai Setiap bulannya pada tahun 2023. Dengan adanya hasil keputusan tesebut diatas, Pemdes Basirih Hulu melalui Kepala Desa mengharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi kelurga miskin di Basirih Hulu serta dalam mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem diwilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.